Pages

Jumat, 22 April 2011

Sejarah Mac Os

Sejarah Mac OS

Mac OS, yang bererti Macintosh Operating System, atau Sistem Pengoperasi Macintosh, adalah sistem pengoperasi komputer Apple untuk komputer Apple Macintosh. Mac OS merupakan sistem pengoperasian pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafik (Graphical User Interface-GUI). Pasukan Macintosh termasuk Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld.


Terdapat pelbagai pandangan bagaimana Macintosh dibangunkan dan di mana ide asal bermula. Walaupun kaitan antara Macintosh dan projek Alto di Xerox PARC telah luas diperkatakan dalam rekod sejarah, sumbangan awal Sketchpad oleh Ivan Sutherland dan Sistem di Talian (On-Line System) oleh Doug Engelbart tidak kurang pentingnya. Lihat Sejarah GUI, dan Apple v. Microsoft.
Apple sengaja merendahkan kewujudan sistem pengoperasi pada tahun awal kemunculan Macintosh untuk menjadikan Macintosh kelihatan lebih ramah pengguna dan membezakannya daripada sistem lain seperti MS-DOS, yang digambarkan sebagai ajaib (arcane) dan mencabar secara teknikal. Apple mahu Macintosh digambarkan sebagai sistem yang “terus berfungsi” apabila anda menghidupkannya.
Versi.

Sistem Operasi Macintosh pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7″ atau “Sistem 7“. Pada awalnya juga dikenali sebagai Kotak Perkakasan “Toolbox”; yang mengandungi himpunan rutin piawaian yang boleh digunakan bagi menggantikan pautan kepada perkakasan komputer itu sendiri.

Pengabstrakan ini yang membenarkan applikasi Mac ditulis untuk satu generasi sistem digunakan pada generasi berikutnya, sebagai contoh: dari Mac Plus kepada Mac II, kepada PowerBook, kepada Power Macintosh. Pada awalnya Apple sengaja mengaburkan kewujudan sistem operasi ini bagi membezakan Mac daripada sistem lain seperti MS-DOS, yang digambarkan sebagai lebih sukar digunakan berbanding Mac. Istilah seperti “sistem” dan “kotak perkakasan (the toolbox)” merupakan cara mudah untuk merujuk kepada perkhidmatan sistem operasi dan Macintosh API seterusnya mengelakkan penggunaan istilah teknikal (technical jargon). Sehingga kemunculan era sistem G3 (yang dikenali sebagai mesin “dunia baru”), sebahagian besar sistem disimpan dalam ROM fizikal pada papan induk, dan juga komponen sistem pada cakera yang menambah, mengesampingkan (override)atau memperbaiki rutin ROM. Tujuannya ialah untuk mengelakkan penggunaan terlalu banyak ruang simpanan dalam cakera liut yang terhad untuk sistem sokongan, kerana komputer Mac yang terawal tidak mempunyai cakera keras. Sebenarnya cuma satu model Mac yang boleh dijalankan (bootable) menggunakan ROM sahaja, iaitu model Mac Klasik 1991.

Sistem 7.5.1 merupakan sistem pertama yang memasukkan logo Mac OS (muka tersenyum (smiley face) biru). Mac OS 7.6 (yang dikeluarkan pada 1996) merupakan sistem pertama yang dinamakan Mac OS kerana wujudnya “klon-klon” Mac, sistem yang hampir serupa daripada syarikat-syarikat lain seperti Power Computing dan Motorola, dan Apple hendak memberitahu dengan jelas bahawa sistem operasiannya merupakan hak milik intelektualnya sendiri.

Sistem Mac OS boleh dibahagikan kepada dua jenis:
Mac OS “Klasik”, sistem yang mula-mula dikeluarkan untuk Mac yang pertama pada tahun 1984 hinggalah Mac OS 9. Mac OS X (huruf “X” itu disebut sepuluh, iaitu nombor Roman) yang lebih baru. Mac OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. Sistem tahap rendah asasnya, Darwin yang berasaskan Unix, merupakan sumber terbuka.


Mac OS Klasik

Mac OS klasik dikenali sebagai satu sistem yang tidak mempunyai sebarang baris perintah (command line); merupakan sistem yang menggunakan antara muka pengguna grafik (IU) sepenuhnya. Dipuji kerana senang untuk digunakan, sistem ini juga dikritik kerana menggunakan kerjasama multitugas (cooperative multitasking), ketiadaan pengurusan ingatan, dan kecenderungan pertelingkahan tambahan/sambungan. “Tambahan” adalah perisian yang ditambah kepada sistem pengoperasi, untuk memberikan fungsi tambahan - seperti rangkaian kerja (networking) - atau sokongan kepada perkakasan tertentu. Sesetengah sambungan tambahan mungkin tidak akan berfungsi dengan betul antara satu sama lain atau mungkin perlu ditambah mengikut urutan tertentu. Menyelesaikan masalah tambahan Mac OS boleh menjadi satu proses cuba jaya yang memakan masa yang panjang.

Mac OS juga memperkenalkan Sistem Fail Hierarki (Hierarchical File System), sebagai satu cara inovatif penyususnan fail. Satu fail pada DOS atau Unix merupakan jujukan bait (byte), yang memerlukan aplikasi mengetahui bahagian bait mana yang mewakili kod dan bahagian mana yang mewakili grafik atau data yang lain, Fail Mac mempunyai dua bahagian yang berlainan. Sebagai tambahan kepada cuaran data, yang merupakan ulangan bait, terdapat juga akar cuaran resource fork yang mengandungi data yang sudah disusun seperti menu, grafik, bunyi, dan segmen kod. Satu fail applikasi mungkin hanya mempunyai sumber yang tidak mengandungi bahagian data. Fail teks mungkin mengandungi teks dalam bahagian data dan maklumat stail pada sumbernya, jadi applikasi yang tidak mengenal maklumat stail tersebut masih boleh membaca teks yang disimpan. Walaupun kaedah ini mempunyai beberapa kelebihan, Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS; contohnya, apabila sesuatu fail disalin daripada Mac kepada DOS atau Unix, akar cuarannya akan dibuang.

Menjelang akhir 1990-an, telah disedari bahawa teknologi era 1980-an ini telah melangkaui hayatnya, dengan kewujudan sistem-sistem pengoperasian multitugas baru yang lebih stabil.


Mac OS X

Rencana utama: Mac OS X

Mac OS X mambawakan pengurusan memori ala-Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac. Pengurusan memori yang jauh lebih baik membolehkan lebih banyak perisian berjalan serentak dan hampir menghapuskan kemungkinan sesuatu perisian meruntuhkan perisian lain. Ia juga adalah Mac OS petama memasukkan baris arahan, walaupun tidak dapat dilihat kecuali apabila penggunanya melancarkan perisian “terminal”.

Ramai peminat Mac OS asal menerima OS X, tetapi terdapat beberapa yang mengkritiknya sebagai lebih susah dan kurang mesra pengguna daripada Mac OS asal.

Teknologi Mac OS

QuickDraw: model pengimej imaging model yang pertama memberikan pasaran pukal WYSIWYG Finder: antaramuka untuk melayari filesystem dan melancarkan applikasi
MultiFinder: versi pertama yang menyokong menjalankan lebih dari satu perisian secara serentak Chooser: perkakasan untuk mencapai network resources (contoh: mengaktifkan AppleTalk) ColorSync: teknologi untuk memastikan pemadanan warna yang sesuai
Pengurusan ingatan OS Mac: bagaimana Mac menguruskan RAM dan ingatan maya sebelum bertukar kepada UNIX Pengemulasian Motorola 68000 oleh PowerPC: bagaimana Mac menangani transisi arkitektural daripada CISC kepada RISC (lihat emulator Mac 68K) Desk Accessories: perisian kecil “helper” yang boleh dijalankan seiring dengan sebarang perisian lain, sebelum munculnya MultiFinder atau System 7.
PlainTalk: teknologi sintesis pertuturan and pengecaman pertuturan
Mac-Roman : set aksara

Projek Star Trek

Satu aspek sejarah yang menarik mengenai Mac OS Klasik ialah: ianya merupakan satu prototaip rahsia yang tidak diketahui umum yang dimulakan Apple pada tahun 1992 yang diberi nama kod Project Star Trek. Matlamat projek ini ialah untuk mencipta versi Mac OS yang boleh berfungsi pada komputer peribadi serasi-Intel x86. Projek ini tidak bertahan lama, ianya dibatalkan hanya selepas setahun iaitu pada 1993 kerana pertelingkahan politik dalaman. Walaupun begitu, pasukan projek ini berjaya menjadikan perisian seperti Macintosh Finder dan applikasi asas seperti Quicktime berfungsi secara lancar pada PC.

Walaupun perisian Star Trek tidak pernah dilancarkan, emulator pihak-ketiga Macintosh, seperti vMac, Basilisk II, dan Executor, akhirnya menbolehkan kemungkinan menjalankan Mac OS Klasik pada komputer peribadi x86. Emulator-emulator ini terhad mengemulasikan barisan pemproses 68000, dan dengan demikian tidak dapat menjalankan versi Mac OS yang lebih terkini daripada 8.1 yang memerlukan pemprosesor PowerPC. Mutakhir ini, emulator seperti Pear PC telah muncul yang mampu mengemulasikan pemproses PowerPC yang diperlukan oleh versi terkini Mac OS (seperti Mac OS X). Walaubagaimanapun, ianya masih di peringkat awal dan seperti emulator-emulator lain, cenderung untuk berjalan lebih perlahan daripada OS natif.

Referensi : http://www.teukuiwan.co.cc/2010/01/sejarah-mac-os.html





MINIX OPERATING SYSTEM
I. SEJARAH
MINIX adalah suatu program open source, lisensi Minix diubah pada April 2000, dan diterapkan secara berkala bagi seluruh distribusi Minix yang sebelumnya. Sistem operasi Unix-like (OS) ini didasarkan pada arsitektur microkernel. Andrew S. Tanenbaum menulis sistem operasi ini yang digunakan untuk tujuan bidang pendidikan; MINIX juga mengilhami diciptakannya Linux. Namanya berasal dari kata “minimal” dan “Unix”. Sistem operasi Unix-like adalah sistem operasi yang bertindak dengan suatu cara yang serupa dengan sistem Unix, dimana tidak harus menyesuaikan diri atau bersertifikasi dengan versi apapun dari Single UNIX Specification.

Minix adalah suatu sistem operasi yang dikembangkan untuk tujuan pendidikan. Bagi penguna, Minix tampak seperti POSIX-compliant Unix, tetapi sebenarnya di dalamnya dibangun dengan suatu modular modern yaitu micro kernel architecture. Minix bukan hanya suatu mainan, ia merupakan suatu sistem operasi yang bermanfaat.
Sekilas Andrew Tanenbaum
Dr. Andrew Stuart “Andy” Tanenbaum (kadang-kadang dipanggil “ast”) lahir tahun 1944 di New York City adalah seorang profesor dari Computer Science di Vrije Universiteit Amsterdam, Netherlands. Dia menciptakan MINIX di Vrije Universiteit Amsterdam untuk menerangkan dengan contoh, prinsip yang disampaikan di text book-nya, Operating Systems: Design and Implementation (1987) (Sistem Operasi: Desain dan Implementasi ( 1987)). Untuk kemudahan, 12,000 bentuk dari sebagian besar C source code dari kernel, memory manager, dan file system dari MINIX 1.0 dicetak di buku. Prentice-Hall juga merilis source program dan biner MINIX di disket dengan sebuah referensi panduan. MINIX 1 adalah sistem-panggilan yang kompatibel dengan Seventh Edition Unix. Ia menghargai profesi mengajarnya sebagai pekerjaan paling utamanya.
Operating Systems: Design and Implementation and Minix menjadi inspirasi Linus Torvalds’ untuk menciptakan cikal bakal Linux. Di Just For Fun autobiografi, Torvalds menguraikan dirinya dengan ungkapan “buku yang meluncurkan aku ke kemuliaan yang baru”. Tanenbaum meneruskan perjalanan tulis-menulisnya dengan menulis the Amoeba distributed operating system, memaksimalkan manfaat penggunaan dari ide microkernel.

II. PERKEMBANGAN dan DESKRIPSI ARSITEKTUR
Tanenbaum mula-mula mengembangkan MINIX untuk kompatibilitasnya dengan komputer mikro IBM PC/AT dan IBM PC yang tersedia pada saat itu. MINIX 1.5, yang dirilis pada 1991, mampu mendukung sistem MicroChannel IBM PS/2 dan juga ported pada arsitektur SPARC dan Motorola 68000, juga mendukung Atari ST, Commodore Amiga, platform komputer Sun SPARCstation dan Apple Macintosh. Ada pula unofficial ports untuk Intel 386 PC compatibles (di 32-bit protected mode), National Semiconductor NS32532, ARM and INMOS transputer prosesors. Meiko Scientific menggunakan versi awal dari MINIX sebagai basis sistem operasi MeikOS untuk komputer yang berdasar pada transputer Computing Surface parallel computers. Versi MINIX yang bisa berjalan sebagai user process di bawah SunOS juga tersedia.
Tuntutan untuk arsitektur yang berbasis 68k menyusut, meski begitu MINIX 2.0, yang dirilis pada 1997 hanya tersedia untuk arsitektur Solaris-hosted SPARC dan x86. Ini adalah subjek utama dari edisi kedua buku Tanenbaum dengan Albert Woodhull yang diproduksi dalam CD-ROM yang disertai dengan buku. MINIX 2.0 disempurnakan dengan POSIX 1 yang mendukung untuk 386 dan prosesor mode 32-bit yang bakal muncul selanjutnya dan menggantikan protokol Amoeba network yang tercakup di MINIX 1.5 dengan TCP/IP stack. Unofficial port MINIX 2.0.2 untuk 68020 yang berbasis ISICAD Prisma 700 workstation dan Hitachi SH3-based HP Jornada 680/690 PDA juga dikembangkan.
Pada Minix 2.0 bisa digunakan untuk arsitektur yang lain, mencakup Sun SPARC, dan dapat dijalankan dibawah suatu emulator (Bochs, Qemu) atau suatu virtualizer (VMWARE, Virtual PC) pada banyak platform, mencakup Unix, Linux, Microsoft Windows, dan MacIntosh OS.
MINIX 3
MINIX 3 diumumkan di depan umum pada 24 Oktober 2005 oleh Andrew Tanenbaum selama pidatonya pada puncak konferensi ACM Symposium Operating Systems Principles. Walaupun masih bertindak sebagai suatu contoh untuk edisi yang baru tentang buku teks Woodhull’s dan Tanenbaum, Minix 3 dirancang kembali agar “dapat dipakai sebagai sistem yang serius pada resource-limited dan embedded computers dan untuk aplikasi yang menuntut keandalan tinggi”. MINIX 3 sekarang ini hanya mendukung sistem IA-32 architecture PC compatible systems. Minix 3 tersedia dalam suatu format LiveCD yang mengijinkan untuk digunakan pada suatu komputer tanpa menginstalnya di hard drive dan di beberapa versi ia kompatibel dengan sistem emulation/sistem virtualisasi, mencakup Bochs, Qemu, VMware, dan Virtual PC.
MINIX 3 adalah suatu sistem operasi open source baru yang dirancang untuk bisa diandalkan, fleksibel, dan terjamin. Minix 3 sedikit banyak didasarkan pada versi MINIX yang sebelumnya, tetapi pada dasarnya ada banyak perberbedaan. MINIX 1 dan 2 diharapkan seperti peralatan mengajar; sedang MINIX 3 menambahkan gol baru dengan kemampuannya yang dapat dipakai sebagai sebuah sistem yang serius pada resource-limited dan ditempelkan pada komputer dan untuk aplikasi yang menuntut keandalan tinggi.
OS yang baru ini adalah sangat kecil, dengan bagian yang berjalan pada kernel mode di bawah 4000 bentuk dari kode yang bisa dieksekusi. Bagian yang berjalan pada user mode dibagi menjadi modul kecil, yang membatasi dengan baik dari satu sama lain. Sebagai contoh, masing-masing device driver dijalankan sebagai proses user mode yang terpisah sehingga suatu bug dalam suatu driver (betul-betul sumber yang paling besar tentang bug di sistem operasi apapun), tidak bisa membawa keseluruhan OS. Sebenarnya, kebanyakan dari waktu ketika suatu driver menghancurkan dirinya, secara otomatis digantikan tanpa menuntut intervensi pemakai yang manapun, tanpa melakukan booting kembali, dan tanpa mempengaruhi program yang berjalan. Fitur ini, sebagian kecil dari kernel code, dan aspek lain yang sangat ditingkatkan adalah keandalan sistem.
Versi 3.1.2 dirilis 8 Mei 2006 yang berisi X11, emacs, vi, cc, gcc, perl, python, ash, bash, zsh, ftp, ssh, telnet, pine, dan lebih dari 400 program dari UNIX utility programs yang lain. Dengan penambahan X11, versi ini menandai transisi meninggalkan text-only system. Corak yang lain dari versi ini, yang akan ditingkatkan pada masa depan, adalah kemampuan dari sistem untuk melawan device driver yang hancur, dan dalam banyak kasus, device driver yang hancur secara otomatis digantikan tanpa mempengaruhi proses running. Dengan cara ini, MINIX mampu melakukan penyembuhan-diri (self healing) dan dapat digunakan di aplikasi yang menuntut keandalan tinggi. MINIX 3 tersedia secara cuma-cuma di www.MINIX3.org.
MINIX 3 pada awalnya ditargetkan untuk area berikut:
o Aplikasi di mana keandalan yang sangat tinggi diperlukan;
o Single-Chip, small-RAM, low power;
o laptop $ 100 untuk anak-anak dunia ketiga;
o Sistem yang ditempelkan (misal pada kamera, perekam DVD, cell phone);
o Aplikasi di mana GPL terlalu membatasi ( MINIX 3 menggunakan lisensi BSD-type);
o Pendidikan ( contoh: kursus sistem operasi pada universitas);
Fitur MINIX 3
• POSIX compliant
• Networking with TCP/IP
• X Window System
• Languages: cc, gcc, g++, perl, python, etc.
• Over 400 UNIX programs
• Many improvements since V2
• Full multiuser and multiprogramming
• Device drivers run as user processes
• High degree of fault tolerance
• Full C source code supplied
Perbedaan antara MINIX 3 dan versi utama MINIX 1 dan 2 adalah dikembangkannya tool untuk membantu masyarakat belajar tentang perancangan sistem operasi. MINIX 3 melakukan hal yang sama, dan menyediakan suatu sistem operasi yang modern dengan banyak tool yang lebih baru seperti X window system and many other UNIX applications.

Minix-Vmd
Minix-vmd adalah sistem operasi open source yang diciptakan dari Minix, dan ditambahkan beberapa fitur tambahan seperti virtual memory dan X Window System support. Minix-Vmd hanya menggabungkan IA-32 dan compatible microprocessor architectures. Ia ditulis oleh banyak pengarang yang juga pengembang Minix, di Vrije Universiteit (VU) Amsterdam yang merupakan singkatan kata dari ” VU Minix Distribution”.
Sistem operasi ini, menurut pengarangnya, tidak dimaksudkan untuk menjadi OS yang digunakan secara umum dan diciptakan untuk memenuhi kebutuhan spesifik yang mereka rasa lebih baik dibanding menjadi OS yang digunakan secara umum seperti Linux. Itu pun tidak untuk tujuan pendidikan seperti orangtuanya, Minix.
Meskipun demikian, OS ini mungkin telah menarik perhatian orang untuk berbagai tujuan yang lain, karena pemakaian sumber dayanya yang kecil dibandingkan dengan OS-OS lain dan faktor-faktor yang lain.
MINIX from Scratch
Minix from Scratch (MFS) adalah suatu komputasi proyek yang mencari dokumen proses pembuatan sistem operasi Minix dari permulaan hingga akhir (“from scratch”), untuk tujuan pendidikan sistem operasi bagi para siswa dan penghobi tentang konsep desain sistem Andrew Tanenbaum yang diterapkan di Minix. MFS diilhami oleh proyek Linux From Scratch dan Minix OS sendiri.
Tim proyek ini terdiri dari Will Senn, Terry Wong, dan Rob Gonzalez; proyek ini bertugas untuk mencari secara aktif pengembang perangkat lunak yang baru.
III. FILE SYSTEM
Sistem File MINIX
Minix ditulis sejak awal mula oleh Andrew S. Tanenbaum pada tahun 1980, yang serupa dengan sistem operasi Unix-like yang source code-nya bisa digunakan secara cuma-cuma dalam bidang pendidikan. Sistem file Minix dirancang untuk penggunaan dengan Minix; yang menyalin struktur dasar dari file sistem Unix tapi dengan menghindari feature-feature kompleks demi kepentingan memelihara kebersihan source code, yang jelas dan sederhana, agar keseluruhan hasil dari Minix mampu menjadi bantuan pengajaran yang bermanfaat.
Ketika Linus Torvalds pertama kali memulai menulis inti sistem operasi Linux-nya (1991), ia sedang bekerja di suatu mesin yang menjalankan Minix, sehingga rilis awalnya mendasarkan pada banyak fungsi di subsistem Minix. Sampai April 1992 saat pengenalan tentang Extended file system, Linux masih mengunakan file sistem Minix. Format tersebut masih digunakan oleh beberapa distribusi Linux untuk bootable disk dan untuk situasi lain di mana suatu file sistem sederhana dan ringkas diperlukan.
Desain dan implementasi
Sebuah file sistem Minix mempunyai enam komponen:
• Boot Block adalah blok berisi boot loader yang berfungsi me-load dan menjalankan sistem operasi pada saat startup sistem yang selalu disimpan di blok pertama.
• Blok yang kedua adalah Superblock yang menyimpan data tentang file sistem, yang mengijinkan sistem operasi untuk menempatkan dan memahami struktur sistem file yang lain. Sebagai contoh, banyaknya inodes dan zone, ukuran dari dua bitmaps dan memulai blok pada suatu area data.
• Inode bitmap adalah suatu peta sederhana dari inodes yang menaksir bagian yang digunakan dan bagian yang bebas dengan menampilkannya sebagai satu (untuk yang digunakan) atau nol (untuk yang free).
• Zone bitmap bekerja dengan cara yang sama seperti inode bitmap, kecuali pada taksiran zone.
• Inodes area. Masing-Masing file atau direktori diwakili dengan suatu inode, yang merekap metadata dengan mencakup type (file, directory, block, char, pipe), id untuk user dan group, tiga timestamps untuk merekam tanggal & waktu dari akses terakhir, modifikasi terakhir dan perubahan status terakhir. Suatu inode juga berisi daftar alamat yang menunjuk zone di area data di mana file atau data direktori benar-benar disimpan.
• Data area adalah komponen yang paling besar dari sistem file, menggunakan mayoritas ruang. Data area adalah di mana file dan data direktori yang nyata disimpan.
Referensi : http://muchad.info/muchad/minix-operating-system.html

Ada yang pernah dengar tentang BeOS? BeOS, mungkin, adalah satu-satunya sistem operasi yang dapat mengalahkan Windows dan Mac OS, dan perusahaan pembuatnya, Be, Inc., adalah perusahaan terakhir yang berani bersaing dengan Microsoft dan Apple secara langsung, sekaligus perusahaan terakhir yang ditakuti oleh Microsoft dan Apple. Terdengar mengada-ada? Berikut sejarahnya.

Tahun 1990, Jean Louis Gassée, kepala bagian advanced product development and worldwide marketing perusahaan komputer Apple, keluar dari Apple dan membuat perusahaan baru yang bernama Be, Inc. bersama developer Apple Newton, Steve Sakoman. Tujuan dari Be adalah membuat platform hardware baru dengan sistem operasi baru yang tidak terikat isu backwards compatibility dan dirancang untuk multiprocessing.

Be pun mulai membuat prototipe platform perangkat keras mereka yang disebut BeBox. Perangkat ini berbasiskan processor AT&T Hobbit. Pada akhir 1990 hingga awal 1991, beberapa mantan pegawai Apple bergabung dengan Be. Bahkan, Benoit Schillings, salah satu key developer pengembangan BeOS, mungkin adalah satu-satunya pegawai Be yang tidak berasal dari Apple.

Seiring dengan pengembangan hardware, sisi software pun mulai dikembangkan. Awalnya Be berniat membeli sistem operasi lain, namun tidak ada yang cocok, atau terlalu mahal. Akhirnya Be memutuskan untuk membuat sistem operasi sendiri. Sekitar tahun 1992, sistem operasi ini memiliki kemampuan multiprocessing dan multitasking, serta shell berupa command line interface tanpa dukungan grafis. Windowing system yang sudah ada umumnya terlalu kompleks sehingga akhirnya Benoit Schillings membuat windowing system sendiri, yang dioptimasi untuk kernel Be dan BeBox sehingga performanya luar biasa. Semula Be mengadakan kontes untuk nama sistem operasi mereka, namun akhirnya tetap dinamakan Be Operating System atau BeOS.

Namun pada 1994, AT&T menghentikan produksi processor Hobbit. Maka BeBox beserta sistem operasi yang diusungnya pun harus di-port untuk arsitektur processor yang berbeda — pilihan jatuh pada PowerPC. Pada transisi ini, Joseph Palmer seorang diri merancang BeBox dengan PowerPC berdasarkan pada PowerPC Reference Platform dan I/O System, meskipun dianggap ketinggalan zaman. Namun menurut Palmer, saat bekerja di Apple, ia menyadari bahwa yang membuat Mac banyak digunakan adalah kemudahan software, bukan rancangan hardware. Pengguna bahkan mungkin tidak menyadari adanya perubahan arsitektur.

When I designed the BeBox I used the PREP design and a PC I/O system. We didn’t have the resources to invent a better DMA controller, so we didn’t. Guess what? The PC one worked well enough. Would the BeBox have been “better” with a new DMA architecture? Yes. Would the end user have been able to tell? Probably not, but the delivery schedule would have slipped. End users notice that. (Joseph Palmer)

Transisi pada level software dilakukan oleh Bob Herold dan Cyril Meurillon, termasuk membuat compiler baru sehingga komponen high-level cukup di-compile ulang tanpa banyak modifikasi. Transisi pada level software ini selesai bahkan sebelum Palmer sel

BeOS, mungkin, adalah satu-satunya sistem operasi yang dapat mengalahkan Windows dan Mac OS, dan perusahaan pembuatnya, Be, Inc., adalah perusahaan terakhir yang berani bersaing dengan Microsoft dan Apple secara langsung, sekaligus perusahaan terakhir yang ditakuti oleh Microsoft dan Apple. Terdengar mengada-ada? Berikut sejarahnya.

Tahun 1990, Jean Louis Gassée, kepala bagian advanced product development and worldwide marketing perusahaan komputer Apple, keluar dari Apple dan membuat perusahaan baru yang bernama Be, Inc. bersama developer Apple Newton, Steve Sakoman. Tujuan dari Be adalah membuat platform hardware baru dengan sistem operasi baru yang tidak terikat isu backwards compatibility dan dirancang untuk multiprocessing.

Be pun mulai membuat prototipe platform perangkat keras mereka yang disebut BeBox. Perangkat ini berbasiskan processor AT&T Hobbit. Pada akhir 1990 hingga awal 1991, beberapa mantan pegawai Apple bergabung dengan Be. Bahkan, Benoit Schillings, salah satu key developer pengembangan BeOS, mungkin adalah satu-satunya pegawai Be yang tidak berasal dari Apple.

Seiring dengan pengembangan hardware, sisi software pun mulai dikembangkan. Awalnya Be berniat membeli sistem operasi lain, namun tidak ada yang cocok, atau terlalu mahal. Akhirnya Be memutuskan untuk membuat sistem operasi sendiri. Sekitar tahun 1992, sistem operasi ini memiliki kemampuan multiprocessing dan multitasking, serta shell berupa command line interface tanpa dukungan grafis. Windowing system yang sudah ada umumnya terlalu kompleks sehingga akhirnya Benoit Schillings membuat windowing system sendiri, yang dioptimasi untuk kernel Be dan BeBox sehingga performanya luar biasa. Semula Be mengadakan kontes untuk nama sistem operasi mereka, namun akhirnya tetap dinamakan Be Operating System atau BeOS.

Namun pada 1994, AT&T menghentikan produksi processor Hobbit. Maka BeBox beserta sistem operasi yang diusungnya pun harus di-port untuk arsitektur processor yang berbeda — pilihan jatuh pada PowerPC. Pada transisi ini, Joseph Palmer seorang diri merancang BeBox dengan PowerPC berdasarkan pada PowerPC Reference Platform dan I/O System, meskipun dianggap ketinggalan zaman. Namun menurut Palmer, saat bekerja di Apple, ia menyadari bahwa yang membuat Mac banyak digunakan adalah kemudahan software, bukan rancangan hardware. Pengguna bahkan mungkin tidak menyadari adanya perubahan arsitektur.

Transisi pada level software dilakukan oleh Bob Herold dan Cyril Meurillon, termasuk membuat compiler baru sehingga komponen high-level cukup di-compile ulang tanpa banyak modifikasi. Transisi pada level software ini selesai bahkan sebelum Palmer selesai membangun BeBox berbasis PowerPC. Pada waktu itu juga Brad Taylor mengimplementasikan TCP/IP stack dan perangkat FTP.

Tahun 1995, BeBox pun diluncurkan ke publik, seminggu setelah Microsoft merilis Windows 95. BeBox mendapat sambutan hangat. BeOS berjalan dengan cepat dan halus, dan bahkan memiliki kemampuan multitasking handal yang belum dimiliki Mac ataupun Windows. Mac pada saat itu bahkan belum mengimplementasikan preemptive multitasking dan protected memory.

Namun pada tahun 1996 Be mulai mengalami kejatuhan. BeBox berhenti diproduksi, dan Be hanya berfokus pada software. BeOS pun berjalan pada Apple Macintosh dan hanya ditawarkan sebagai optional install di samping Mac OS. Ketika Apple membutuhkan sistem operasi baru untuk menggantikan Mac OS yang sudah ketinggalan zaman, Be menawarkan BeOS seharga 400 juta dollar, namun Apple tidak mau membeli sistem operasi seharga lebih dari 125 juta dollar. Akhirnya Apple justru membeli NEXT seharga 429 juta dollar dengan “bonus” Steve Jobs.

Pada tahun 1997, keadaan semakin buruk bagi Be. Steve Jobs tidak memperbolehkan BeOS sebagai optional install seperti dulu, dan menolak memberikan spesifikasi G3 kepada Be, sehingga Be tidak dapat membuat port BeOS yang dapat berjalan pada hardware baru Apple tersebut. Tampaknya Apple tak berani bersaing dengan Be. BeOS pun terpaksa di-porting ke Intel. Tahun 1998, Be merilis BeOS pertama yang dapat berjalan pada PowerPC maupun x86.

Namun di dunia x86 pun Be harus menghadapi persaingan dengan taktik OEM Microsoft. Microsoft bahkan kabarnya melarang produsen komputer untuk menjual komputer dengan BeOS. Tahun 2002, Be menuntut Microsoft atas masalah ini, namun kasus ini tidak pernah dilanjutkan setelah Microsoft membayar 23 juta dollar kepada Be. Tampak juga bahwa Microsoft tidak berani bersaing dengan Be.

BeOS pun mati. BeOS dibeli oleh Palm, kemudian berpindah tangan ke Access. Sistem operasi yang berpotensi mengalahkan Mac dan Windows, kini bahkan tidak ada versi paling sederhana sekalipun yang tersedia untuk diunduh. Sejak saat itu, sistem operasi lain selain Mac dan Windows pun juga berjatuhan. Sebelumnya, lahirnya sistem operasi baru selalu disambut hangat. Namun sejak kalahnya Be, sistem operasi baru selalu ditanggapi dengan skeptis karena dianggap tak mungkin menyaingi Windows.

Kini, ada sekumpulan orang yang ingin kembali “menghidupkan” BeOS. Mereka, dalam perusahaan Haiku, Inc., menginisiasi suatu sistem operasi yang terinspirasi dari BeOS, dengan nama Haiku.

Secara umum, maklum masih versi alpha, versi Haiku ini tentunya belum cocok untuk digunakan sehari-hari. Masih ada fungsi dari BeOS yang belum diimplementasikan ke dalam Haiku, namun kendala sebenarnya dalam menjadikan Haiku sebagai sistem utama adalah minimnya perangkat lunak yang tersedia. Setahu saya belum ada office suite yang dirilis untuk Haiku, dan web browser yang ada pun baru BeZilla yang diturunkan dari Firefox 2.x. Selain itu tentunya untuk para developer, belum tersedia compiler dan IDE yang beraneka ragam untuk Haiku.

Pengenalan Haiku

Haiku, sebelumnya dikenal sebagai OpenBeOS, adalah sebuah proyek sistem operasi open source untuk menciptakan Be Operating System pada komputer x86 dan PowerPC. Dimulai sebagai "OpenBeOS" pada 2001 setelah Be dibeli oleh Palm, Inc. dan BeOS tidak lagi dilanjutkan. Pada 2004 nama baru dipilih untuk menghindari pelanggaran hak nama Palm. Proyek ini dikendalikan oleh Haiku Incorporated, sebuah perusahaan nirlaba di New York.

Haiku adalah sebuah sistem operasi open source yang saat ini dalam pembangunan yang target khusus komputasi personal. Terinspirasi oleh Be Operating System, Haiku bertujuan untuk menjadi cepat, efisien, mudah digunakan, mudah dipelajari dan sangat kuat namun sistem untuk komputer pengguna dari semua tingkatan.
Apa yang begitu baik tentang Haiku sih?

Menyoroti kunci yang membedakan Haiku dari sistem operasi lain meliputi:

* Spesifik fokus pada komputasi personal
* Custom kernel dirancang untuk tanggap
* Fully threaded desain untuk efisiensi besar dengan CPU multi-processor/core
* Kaya OO API untuk pengembangan lebih cepat
* Database-seperti sistem berkas (OpenBFS) dengan dukungan untuk diindeks metadata
* Unified, kohesif antarmuka

Mengapa Haiku?

Jadilah Sistem Operasi yang progresif memperkenalkan konsep-konsep dan teknologi yang kami percaya mewakili yang ideal berarti sederhana dan efisien untuk komputasi personal. Haiku adalah realisasi dari konsep-konsep dan teknologi dalam bentuk sistem operasi yang merupakan open source dan gratis.

Yang berada di belakang Haiku?

Haiku dikembangkan oleh komunitas yang tumbuh pengembang sukarelawan dari seluruh dunia. Selain itu, juga Haiku ada berkat dukungan berdedikasi yang sungguh-sungguh dan ramah masyarakat, dan bahwa dari Haiku Inc, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh mantan pemimpin proyek Michael Phipps dengan tujuan untuk mendukung pengembangan Haiku serta pertumbuhan baik dari masyarakat dan Haiku platform.

Be OS memperkenalkan konsep progresif dan teknologi yang mewakili idealitas dari komputer dekstop. Haiku akan menjadi realisasi konsep-konsep ini dan teknologi dalam bentuk sistem operasi yang open source dan gratis.

Haiku dibuat sebagian besar oleh sukarelawan di dunia pada waktu senggang. Pengembangan Haiku dipimpin oleh Haiku Inc, perusahaan non-profit yang dibangun oleh project leader sebelumnya yaitu Michael Phipps.
System Requirements
• Haiku hanya bekerja on x86 systems.
• minimal memory 128MB Dan 1GB of memory is recommended
• Haiku dapat bekerja minimal di CPU's Pentium II 400MH
• Membutuhkan minimal 600MB of drive space.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar