Pages

Sabtu, 09 April 2011

Sejarah Diciptakan Komputer

Sejarah komputer dapat kita golongkan menjadi beberapa generasi. Sampai sekarang, telah ada empat generasi dalam sejarah komputer.

1. Generasi Pertama ( 1942 - 1959 )
Sejarah komputer berawal pada tahun 1940, yaitu dengan diciptakannya komputer elektronik pertama di dunia yang dikenal dengan ABC (Atanasoff and Benry Computer) yang diambil dari nama penciptanya yaitu John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Benry. Pada dekade yang sama, Dr. John W. Mauchly bekerja sama dengan J. Presper Eckert, Jr. menciptakan komputer yang dikenal dengan nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator Analyzer Computer). Alat ini diciptakan untuk menghitung tabel-tabel lintasan peluru untuk tentara Amerika serikat. ENIAC ini ribuan kali lebih cepat daripada komputer elektromagnetis sebelumnya, yang menandai lompatan besar dalam teknologi komputer. Berat ENIAC mencapai 30 ton, dan memerlukan ruangan sebesar 1.800 kaki persegi (167 m2). Dengan jumlah tabung hampa 18.000, ENIAC membutuhkan daya listrik yang luar biasa besarnya, mencapai 174 kilowatt sehingga muncul lelucon waktu itu bahwa jika ENIAC dinyalakan maka lampu-lampu di Philadelpia akan padam.
Nah, komputer-komputer yang diciptakan di masa inilah yang disebut komputer generasi pertama. Komputer-komputer itu memakai tabung-tabung hampa udara sebagai penguat sinyal. Tabung-tabung hampa udara itu terbuat dari bahan kaca sehingga memiliki kelemahan mudah pecah dan mudah menghantarkan panas. Panas ini dinetralisasi oleh komponen pendingin. Inilah mengapa ENIAC mempunyai ukuran yang begitu besar.




2. Generasi Kedua (1959-1964)
Komputer generasi kedua dimulai dengan ditemukannya transistor. Ia diciptakan oleh tiga ilmuwan di Bell Laboratories, yaitu J. Bardeen, H. W. Brittain dan W. Shockley. Ini berangkat dari pemikiran para ilmuwan bahwa komputer ENIAC terlalu besar. Transistor ini digunakan sebagai pengganti tabung hampa untuk menguatkan sinyal. Keunggulannya, transistor tidak mudah pecah, ukurannya lebih kecil dan tidak menyalurkan panas seperti tabung hampa, sehingga komputer generasi kedua ini berkemampuan lebih baik, lebih terpercaya, dan lebih murah serta lebih menghemat tempat.
Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas, yaitu IBM-7090. komputer generasi kedua lainnya adalah IBM Serie 1400, NCR 304, PDP-8, dan MARK IV.



3. Generasi Ketiga (1964 - 1970)
Konsep semakin kecil dan murahnya transistor memacu orang untuk terus melakukan penelitian. Akhirnya, ribuan transistor dapat digabung menjadi satu bentuk yang sangat kecil yang kemudian disebut IC atau Integrated Circuit. IC inilah yang menjadi ciri komputer generasi ketiga. Komputer yang pertama kali menggunakan IC adalah Komputer Sistem 360 oleh IBM atau IBM S-360 yang diluncurkan pada tanggal 7 Apil 1964.



4. Generasi Keempat (1971 -1999)
Beberapa orang beranggapan bahwa tahun 1971 menjadi permulaan dari komputer generasi keempat, yaitu dengan memperkenalkan microprocessor yang merupakan penggabungan ribuan IC ke dalam sebuah chip. Bentuk dari chip ini makin kecil dengan kemampuan yang makin meningkat dan harga yang makin murah. Mikroprosesor merupakan awal dari lahirnya komputer personal (PC). Mikroprosesor yang pertama kali dikembangkan adalah Microprocessor Serie 4004 oleh Intel Corp.
Sejak saat itu, bisnis komputer personal mulai berkembang pesat. Sebelum tahun 1975, muncul komputer pibadi Altair 8800 yang waktu itu telah tersedia bagi perseorangan dan perusahaan kecil. Hal ini kemudian memengaruhi sikap penerimaan masyarakat terhadap komputer.
IBM sendiri mengeluarkan PC pada tahun 1981 dan produk itu telah menjadi standar bagi industri mikro di waktu itu. Oleh karena itu, banyak penjual perangkat lunak mengarahkan produknya ke PC IBM.
Untuk membuat komputer lebih bersahabat, banyak perusahaan komputer mengembangkan Grapichal User Interface (GUI) yang dapat memberikan gambar dan menu (daftar pilihan perintah) yang dapat dipilih oleh pengguna hanya dengan memakai mouse. GUI ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 oleh Apple dan dipergunakan dalam Macintosh yang kemudian mengembangkan GUI serupa yang dikenal dengan nama Windows. Selain itu, kebanyakan program telah dilengkapi tutorial dan menu bantuan yang cukup luas bagi para pengguna baru.



5. Generasi Kelima ( 2000 sehingga kini)
Komputer generasi lima lebih canggih, murah, dan hebat daripada yang telah ada sebelumnya dan berkemampuan 'melihat', 'mendengar', 'bercakap', dan 'berpikir' seperti manusia. Ia memiliki kecerdikan buatan yang setara dengan manusia yang membuat komputer itu. Ia dapat melaksanakan tugas yang berbeda-beda secara bersama-sama atau yang kita kenal dengan multitasking. Komputer generasi ini memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas secara serentak. di samping itu, ukuran komputer semakin diperkecil, seiring dengan munculnya laptop dan notebook.
Pada masa ini, kecepatan CPU (CPU speed) makin ditingkatkan dan mengalami kemajuan yang signifikan, dari 300 MHz menjadi 1,7 GHz. Selain itu, di aspek tampilan juga mengalami kemajuan dengan diciptakannya graphic adapter dengan memory yang lebih besar. Graphic card yang beredar sekarang kebanyakan memiliki memory antara 64 MB sampai dengan lebih dari 512 MB. Ini menyebabkan tampilan lebih indah dan lebih tajam, sesuai dengan kebutuhan aplikasi atau games yang ingin dijalankan.
Dari OS, setelah sukses dengan Windows XP terbitan 2001, Microsoft Corp. membuat OS baru yang dijuluki OS masa depan, yaitu Windows Vista di tahun 2006. Sebelumnya, OS ini dikenal dengan Windows Longhorn. Microsoft mengakui, inilah OS terbaik yang memiliki kestabilan dan keamanan terbaik. Tampilannya juga lebih artistik, karena menggunakan efek glass yang transparan. Namun, belum lama ini Microsoft telah mengeluarkan versi beta dari Microsoft Windows 7.
Kecepatan CPU juga makin ditingkatkan hingga 3.0 GHz. Selain itu, teknologi dual processor juga telah ditemukan, sehingga satu CPU bisa memakai dua prosesor. Ini berimbas pada kecepatan total yang semakin tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar